Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) : MSDS, karakteristik zat, cara pembuatan, fungsi, manfaat atau kegunaan, dan Harga jual di Pasar

https://www.wawasankau.com/Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2)

1.    Pengertian atau definisi Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) dan Pendahuluan
Hallo sahabat kimia, admin kali ini datang lagi untuk memaparkan apa saja pengertian dan apa yang di maksud dengan zat kimia yaitu Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2). Kaporit (CaOCl2) mempunyai karakteristik yang khas dan mempunyai bau dan warna yang khas, selain karakternya juga Kalsium Hipoklorit (CaOCl2) ini mempunya manfaat-manfaat tertentu untuk kehidupan sehari-hari, dapat di gunakan dalam berbagai jenis praktikum di laboratorium ataupun di pabrik kimia tertentu.

Mengenai definisi ada pertanyaan yang sering muncul yaitu mengapa zat kimia di butuhkan dalam tubuh? Jawabannya sangat singkat dan padat kawan (yaitu) karena zat kimia mampu menyediakan apa yang di butuhkan untuk tubuh manusia. Fungsi utama Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2)  mampu menyediakan apa saja yang ada dalam tubuh manusia, tentunya dengan kadar tertentu.

2.    Bagaimana cara pembuatan Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2)?
(CaOCl2) mempunyai bentuk padatan, berwarna putih dan bau yang khas (sedikit asam). Setelah mengetahui karakteristik seperti diatas maka kita pasti mudah memahami bagaimana cara pembuatannya. Cara pembuatan Kalsium Hipoklorit/Kaporit dapat di lakukan sebagai berikut :
1). Menggunakan APD yang lengkap dan bersih
2). disiapkan zat-zat yang dapat gunakan tentunya yang paling utama Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2).
3). Gunakanlah dan siapkanlah alat dan bahan yang akan di gunakan untuk nantinya reaksikan dengan Kalsium Hipoklorit.
4). Baca sebelumnya mengenai sifat-sifat berbahaya atau hazard yang ada dalam zat Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) sebelum di gunakan apakah berbahaya, farmful, irritant, bahan mudah meledak, atau penyebab korosif dan lainnya.
5). Gunakan sarung tangan yang memenuhi standar operasional dan menutupi tangan dengan baik
6). Usahakan hindari kontaminasi yang dapat terjadi, dari lingkungan sekitar dan juga dari diri praktikan juga bisa menyebabkan kontamninasi, gunakan masker.
7). Amati dan cermati cara kerja yang akan dilakukan mengenai cara pembuatan Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2).

3.    MSDS singkat Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) dan karakteristiknya
Untuk mengetahui apa saja kegunaan dan sifat dari zat Kalsium Hipoklorit maka ada beberapa msds yang perlu di perhatikan oleh kawan-kawan sekalian.
Diantaranya adalah :
a.    Rumus molekul : CaOCl2
b.    Berat jenis dari CaOCl2 : 2,35 g/cm3
c.    Bau dari zat Kaporit (CaOCl2) : berbau khas (menyengat)
d.    Warna dari zat Kalsium Hipoklorit (CaOCl2) : putih/abu-abu
e.    Bentuk atau tekstur dari zat Kalsium Hipoklorit : serbuk putih
f.    Kelarutan: 219/100 mL

4.    Sifat dan kegunaan atau manfaat dari zat Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2)
Sifat-sifat yang ada dalam zat Kaporit (CaOCl2) lumayan beragam dan juga kegunaannya dapat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut merupakan sifat dan kegunaan dari zat Kalsium Hipoklorit :
a.    Sifat khas dari zat (CaOCl2): zat ini bersifat mudah terbakar, harmful, oxidant, dan korosif dan iritant
b.    Titik leleh : 175 derajat celcius
c.    Titik didih : 100 derajat celcius
d.    Mr zat (CaOCl2) : 142,99 g/mol
e.    Manfaat, fungsi, atau kegunaan dari zat Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) :
1.    Kaporit (CaOCl2) bisa dipergunakan untuk pereaksi di laboratorium
2.    Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) sebagai Penyeimbang
3.    Digunakan sebagai indikator pemeriksaan
4.    Zat Kalsium Hipoklorit di gunakan sebagai kebutuhan dan berperan sebagai zat pengganti
5.    Sebagai zat kimia berbau menyengat, Kalsium Hipokloritmampu di reaksikan dengan zat-zat kimia tertentu untuk keperluan tertentu.
6.    Bisa digunakan untuk kolam renang agar menjaga kebersihan dengan konsenterasi tertentu yang sesuai.

Berapakah harga Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) dan dimanakah tempat menjual zat kimia Kaporit (CaOCl2)?
Untuk harga dan tempat penjualan dari Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) ini, admin juga belum mengetahui informasi lengkapnya kawan hehe. Ini hanya sekedar informasi buat kawan-kawan dimanapun, Kalsium Hipoklorit (CaOCl2) biasanya di jual dan di produksi oleh pabrik kimia tertentu dan juga biasanya mereka menjualnya langsung di toko mereka sendiri dan juga mereka biasanya menjual produknya (zat kimia) di situs online juga, cek saja langsung kawan di situs jual beli online seperti bukalapak, lazada, shopee, dan lain-lain. Untuk informasi mengenai harga Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) biasanya zat ini di jual per Botol yang berisi beberapa gram tertentu dalam botol kemasannya dan juga di jual dalam bentuk jadi untuk keperluan tertentu seperti untuk kolam renang.

Nah itu saja kawan pecinta kimia dimanapun kalian berada, mungkin itulah mengenai cara pembuatan dan karakteristik dari zat Kalsium Hipoklorit/Kaporit (CaOCl2) dan fungsi/kegunaan/manfaat, MSDS, dan harga zatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian, dan juga semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan lebih sehingga dapat membantu salah satu tugas atau permasalahan yang kawan-kawan temukan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments