Tembaga (II) Sulfat CuSO4 (Pentahidrat) : Rumus Kimia, MSDS CuSO4/Kupri Sulfat, karakteristik bentuk fisik zat, cara pembuatan, fungsi, manfaat atau kegunaan, dan Harga jual di Pasar

Tembaga (II) Sulfat CuSO4 

1. Pengertian atau definisi Tembaga (II) Sulfat CuSO4 dan Pendahuluan

Apa kabar para sahabat-sahabat kimia pengunjung WawasanKau.com dimanapun kalian berada sekarang, admin datang lagi nih kali ini admin akan menjelaskan dan memaparkan apa pengertian dan apa yang di maksud dengan zat kimia yaitu Tembaga (II) Sulfat.

CuSO4 mempunyai pengertian, sifat dan karakteristik yang khas dan mempunyai bau dan warna yang khas, selain karakternya juga Tembaga (II) Sulfat ini mempunya manfaat atau kegunaan yang banyak digunakan dalam hal tertentu, untuk kehidupan sehari-hari contohnya.

Zat CuSO4 dapat dimafaatkan dalam berbagai jenis praktikum kimia selain itu juga digunakan sebagai pereaksi ataupun Zat utama di laboratorium kimia ataupun di pabrik pembuatan bahan kimia tertentu.

Membahas mengenai definisi Tembaga (II) Sulfat yang akan di jelaskan muncul pertanyaan yang sering terkemukakan bagi seorang pelajar yaitu mengapa zat kimia di butuhkan dalam tubuh manusia? Jawabannya singkat dan padat saja kawan-kawan, yakni karena zat kimia mampu menyediakan kebutuhan yang ada dalam tubuh manusia sebagai makhluk hidup.

Fungsi utama Tembaga (II) Sulfat CuSO4 adalah mampu menyediakan apa saja yang ada dan dibutuhkan dalam tubuh manusia tentunya dengan kadar tertentu yang bisa di tampung dalam tubuh dan tidak melebihi batas konsenterasi dalam tubuh karena bisa menyebabkan efek samping yang kurang baik yang bisa menganggu organ atau sel tubuh manusia.

2. Bagaimana cara pembuatan Tembaga (II) Sulfat CuSO4?

CuSO4 mempunyai wujud dengan bentuk Kristal (padat) yang berwarna biru. Nah okelah setelah mengetahui karakteristik singkat mengenai Zat kimia diatas, maka kalian diharapkan mudah memahami bagaimana cara untuk membuat CuSO4 ini. Cara pembuatan CuSO4 dapat di lakukan dengan cara/prosedur sebagai berikut :
1). Memakai dan melengkapi APD yang layak dan bersih ketika akan memulai percobaan.
2). Cek terlebih dahulu dan siapkanlah zat-zat atau larutan yang dapat gunakan tentunya yang paling utama yang harus ada yaitu Tembaga (II) Sulfat CuSO4.
3). Perhatian dan apa saja alat dan bahan yang akan di gunakan harus dalam keadaan kering untuk nantinya dapat digunakan dalam percobaan contohnya pembuatan larutan Tembaga (II) Sulfat CuSO4.
4). Baca kemudian pahami dengan teliti sebelum kita memulai pekerjaan dan pahami juga mengenai sifat-sifat berbahaya atau hazard yang ada dalam zat Kalsium fosfat sebelum di gunakan apakah berbahaya, farmful, irritant, bahan mudah meledak, atau penyebab korosif dan lain-lain. Supaya ketika terjadi tumpahan atau masalah kita mampu mengatasinya.
5). Gunakanlah alat pelindung tangan yaitu sarung tangan/gloves yang layak dan memenuhi standar operasional yang menutupi tangan dengan baik sehingga dapat menjaga tangan kita.
6). Perhatikan juga hal_hal pada setiap fase atau proses pembuatan hindari kontaminasi yang dapat terjadi yakni bisa dari lingkungan sekitar dan juga dari diri praktikan juga bisa menyebabkan kontamninasi sehingga kita harus menggunakan masker.
7). Baca dan pahami mengenai prosedur kerja atau cara kerja yang akan dilakukan yaitu cara pembuatan CuSO4 kemudian lakukanlah setiap fase dengan baik dan hati-hati dalam bekerja juga tetap aseptis.

Apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari pembuatan Zat kimia Tembaga (II) Sulfat CuSO4?

Baiklah mungkin dengan yang namanya percobaan ada beberapa faktor yang dapat mengganggu hasil ketika kita membuat suatu larutan Zat kimia yang akan membuat hasil kita jadi buruk. Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ketika kita membuat suatu Zat kimia dan membuat suatu larutan.
Diantaranya adalah:
a. Alat dan Bahan yang kurang baik
Alat yang akan digunakan harus dalam keadaan bersih dan kering kemudian perhatikan juga tanggal kadaluwarsa dari bahan kimia yang akan digunakan jika sudah sesuai maka zat dapat digunakan.
b. Proses penimbangan yang kurang baik
Jika ada proses penimbangan maka baiknya menimbang jangan dekat dengan getaran dan udara yang kurang bagus dan juga suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin hal ini akan menyebabkan berat penimbangan terganggu.
c. Waktu pembuatan atau percobaan yang terlalu lama
Didalam lab kimia kita tentunya tahu bahwa ada beberapa Zat kimia yang akan melepuh atau membias ketika terlalu lama di biarkan di udara bebas, maka perhatikan itu.
d. Wadah atau Botol sampel yang kotor
Hal ini perlu kita beri tanda sangat penting karena pekerjaan kita akan sia-sia jika ketika kita dalam proses pembuatan bahan kimia sudah baik lalu ketika akan memasukan larutan sampel yang telah dibuat pas di akhir wadah sampelnya jelek. Percuma saja karena bahan kimia akan jelek karena banyaknya kontaminasi maka dari itu perhatikan dengan baik hal-hal ini.

3. MSDS singkat Tembaga (II) Sulfat dan karakteristiknya

Untuk mengetahui apa saja kegunaan dan sifat dari zat CuSO4  maka ada beberapa MSDS yang perlu di perhatikan oleh temen-temen sekalian.
Diantaranya adalah :
a. Rumus molekul : CuSO4
b. Nama iupac :
Tembaga (II) Sulfat
Kupri Sulfat (Batu Biru)
c. Berat molekul Tembaga (II) Sulfat: 249,70 g/mol
d. Bau dari zat : -
e. Mr : -
f. Warna dari zat Kalsium fosfat : Biru
g. Bentuk atau tekstur dari zat : Kristal
wawasankau.com
wawasankau.com
4. Sifat dan kegunaan atau manfaat dari zat Tembaga (II) Sulfat CuSO4

Sifat-sifat yang ada dalam zat Tembaga (II) Sulfat sangat beragam dan juga kegunaannya dapat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut merupakan sifat dan kegunaan dari zat Tembaga (II) Sulfat:
a. Sifat/symbol bahaya khas dari zat: zat ini bersifat (Xn) beracun, (Xi) irritant dan (N) bahaya bagi lingkungan
b. Titik didih : -
c. Titik lebur : 110 derajat celcius
d. Kelarutan Tembaga (II) Sulfat terhadap Zat lain : -
e. Kelarutan : -
f. Manfaat, fungsi, atau kegunaan dari zat Silver (II) Bromin A Tembaga (II) Sulfat CuSO4:
1. Tembaga (II) Sulfat dapat dipergunakan untuk pereaksi di laboratorium
2. Tembaga (II) Sulfat digunakan sebagai Penyeimbang
3. Sebagai peraksi
4. Digunakan sebagai indikator pemeriksaan tertentu
5. Zat CuSO4 di gunakan sebagai kebutuhan dan berperan sebagai zat pengganti
6. CuSO4 dapat di reaksikan dengan zat-zat kimia tertentu untuk keperluan tertentu.
7. Sebagai fungisida
8. Digunakan di kolam renang sebagai sebuah algaecide.
9. Digunakan dalam larutan Fehling dan Benedict untuk mengetes gula pereaksi.
10. Digunakan dalam reagen biuret untuk tes gula pereduksi.
11. Digunakan dalam penyepuhan emas

Berapakah harga Tembaga (II) Sulfat CuSO4 dan dimanakah tempat menjual zat kimia Tembaga (II) Sulfat CuSO4?

Untuk harga dan tempat penjualan dari Tembaga (II) Sulfat ini mungkin beragam dan berbeda-beda dari berbagai daerah ataupun tempat penjualannya, nah untuk materi perihal ini admin juga belum mengetahui informasi lengkapnya kawan hehe mengenai harga jual yang pastinya. Ini hanya sekedar informasi buat sobat-sobat pengunjung. Tembaga (II) Sulfat atau CuSO4 biasanya di jual dan di produksi oleh pabrik kimia tertentu dan juga biasanya mereka menjualnya langsung di toko mereka sendiri. Tetapi dengan banyaknya situs jual beli online maka mereka juga menjual produknya (zat kimia) di situs belanja online juga. Maka dari itu jangan menunggu lama cek saja langsung oleh kalian di situs jual beli online seperti bukalapak, lazada, shopee, bli-bli dan lain-lain.

Berapakah harga Tembaga (II) Sulfat CuSO4?

Untuk informasi mengenai harga Tembaga (II) Sulfat atau CuSO4 biasanya zat ini di jual per gram dalam botol yang berisi beberapa gram tertentu dalam botol kemasannya. Biasanya mereka menjualnya dalam bentuk serbuk tidak dalam bentuk larutan yang sudah jadi tapi bisa juga dalam larutan yang sudah jadi.

Berakhir sudah penjelasan kali ini dari admin kepada kawan pecinta kimia dimanapun kalian berada dan mungkin itulah mengenai cara pembuatan dan karakteristik dari zat Tembaga (II) Sulfat CuSO4 dan fungsi/kegunaan/manfaat, MSDS, dan harga zatnya. 

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu sobat-sobat sekalian dalam memecahkan suatu masalah (perihal kimia). Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan lebih tentang zat kimia bagi temen-temen dan yang terpenting jangan cepat menyerah untuk menambah ilmu dan tetap membaca sehingga temen-temen dapat menuntaskan salah satu tugas atau permasalahan yang kawan-kawan sedang cari solusinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments