AgNO3 (Perak Nitrat) : Karakteristik Silver (I) nitrate, cara pembuatan, fungsi, manfaat atau kegunaan, MSDS, dan Harga jual di Pasar

AgNO3 (Perak Nitrat) dan Karakteristik Silver (I) nitrate
LABEL KIMIA
1.    Pengertian atau definisi Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat dan Pendahuluan

Hallo sahabat kimia, admin kali ini datang lagi untuk memaparkan apa saja pengertian dan apa yang di maksud dengan zat kimia yaitu Silver (I) nitrate (AgNO3). Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat mempunyai karakteristik yang khas dan mempunyai bau dan warna yang khas, selain karakternya juga Silver (I) nitrate ini mempunya manfaat-manfaat tertentu untuk kehidupan sehari-hari, dapat di gunakan dalam berbagai jenis praktikum di laboratorium ataupun di pabrik kimia tertentu.

Selanjutnya adapun mengenai definisi mengapa zat kimia di butuhkan dalam tubuh? Jawabannya sangat singkat dan padat, yaitu karena zat kimia mampu menyediakan apa yang di butuhkan untuk tubuh manusia. Fungsi utama (AgNO3) atau Perak Nitrat  mampu menyediakan apa saja yang ada dalam tubuh manusia, tentunya dengan kadar tertentu.

2.    Bagaimana cara pembuatan Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat?

Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat mempunyai bentuk padatan, berwarna putih dan bau yang khas (sedikit asam). Setelah mengetahui karakteristik seperti diatas maka kita pasti mudah memahami bagaimana cara pembuatannya. Cara pembuatan (AgNO3) atau Perak Nitrat dapat di lakukan sebagai berikut :
1). Gunakanlah APD yang lengkap
2). Siapkanlah berbagai zat-zat yang akan di gunakan tentunya yang paling utama Silver (I) nitrate (AgNO3).
3). Alat dan bahan yang akan di gunakan harus sudah siap untuk nantinya reaksikan dengan Silver (I) nitrate.
4). Bekerjalah dengan hati-hati baca sifat-sifat hazard yang ada dalam zat Silver (I) nitrate (AgNO3) sebelum di gunakan apakah berbahaya, bahan mudah meledak, atau penyebab korosif dan lainnya.
5). Pakailah gloves atau sarung tangan yang memenuhi standar operasional
6). Jauhkanlah agar tidak terjadi kontaminasi dari lingkungan sekitar dan juga diri kita bisa menyebabkan kontamninasi nah sarannya pakailah masker yang tertutup.
7). Yang terakhir baca prosedur kerja atau cara kerja yang akan dilakukan mengenai cara pembuatan Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat.

3.    MSDS singkat Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat dan karakteristiknya

Untuk mengetahui apa saja kegunaan dan sifat dari zat Silver (I) nitrate (AgNO3) maka ada beberapa msds yang perlu di perhatikan oleh sahabat sekalian.
Diantaranya adalah :
a.    Rumus molekul : AgNO3
b.    Berat molekul dari (AgNO3) atau Perak Nitrat : 169,87 g/mol
c.    Bau dari zat (AgNO3) atau Perak Nitrat : berbau khas (sedikit asam)
d.    Warna dari zat Silver (I) nitrate (AgNO3) : putih
e.    Bentuk atau tekstur dari zat Silver (I) nitrate (AgNO3) : padatan putih
f.    Kelarutan dalam air :
1,22 kg/L (0 derajat celcius)
2,16 kg/L (20 derajat celcius)
4,40 kg/L (60 derajat celcius)
7,33 kg/L (100 derajat celcius)

4.    Sifat dan kegunaan atau manfaat dari zat Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat

Sifat-sifat yang tertera dalam zat Silver (I) nitrate (AgNO3) cukup beragam dan juga kegunaannya dapat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan sifat dan kegunaan dari zat Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat :
a.    Sifat khas dari zat Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat : zat ini bersifat mudah terbakar, berbahaya bagi lingkungan, dan korosif
b.    Titik lebur : 209,7 derajat celcius
c.    Titik didih : 440 derajat celcius
d.    Viskositas :
3,77 cp (244 derajat celcius)
3,04 cp (275 derajat celcius)
e.    Manfaat, fungsi, atau kegunaan dari zat Silver (I) nitrate (AgNO3) atau Perak Nitrat :
1.    AgNO3 atau Perak Nitrat dapat digunakan sebagai pereaksi di laboratorium
2.    AgNO3 atau Perak Nitrat sebagai Penyeimbang
3.    Sebagai indikator pemeriksaan
4.    Zat AgNO3 atau Perak Nitrat di gunakan untuk kebutuhan atau berperan sebagai zat pengganti
5.    Sebagai zat kimia, AgNO3 atau Perak Nitrat mampu di reaksikan dengan zat-zat kimia tertentu untuk keperluan praktikum.

Berapakah harga AgNO3 atau Perak Nitrat dan dimanakah tempat menjual zat kimia AgNO3 atau Perak Nitrat?

Untuk tempat penjualan dan harga dari pasti AgNO3 atau Perak Nitrat ini admin juga belum mengetahui informasi lengkapnya. Ini hanya sekedar informasi buat temen-temen, biasanya AgNO3 atau Perak Nitrat di jual oleh pabrik kimia tertentu dan juga biasanya mereka menjual produknya (zat kimia) di situs online juga, cek saja langsung di situs online terbesar di Indonesia seperti bukalapak, lazada, shopee, dan lain-lain. Untuk harga AgNO3 atau Perak Nitrat biasanya di jual per Botol yang berisi beberapa gram tertentu dalam botol kemasannya.

Oke sobat kerabat kimia dimanapun kalian berada, mungkin itulah mengenai cara pembuatan dan karakteristik dari zat AgNO3 atau Perak Nitrat dan fungsi/kegunaan/manfaat, MSDS, dan harga zat AgNO3 atau Perak Nitrat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat kerabat sekalian dan juga semoga bisa menambah wawasan yang penting, atau dapat membantu salah satu tugas atau permasalahan yang sobat kerabat temukan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments