Magnesium Klorida (MgCl2) : Pengertian magnesium chloride, cara pembuatan, karakteristik zat, MSDS, fungsi, manfaat atau kegunaan, dan Harga jual di Pasar

wawasankau.comMagnesium Klorida (MgCl2) Beserta Pengertian magnesium chloride, cara pembuatan, karakteristik zat, dan MSDS

1.    Pengertian atau definisi Magnesium Klorida (MgCl2) dan Pendahuluan Pembahasan
Apa kabar sahabat-sahabat dimanapun kalian berada saat ini, jumpa lagi nih dengan admin disini. Kali ini admin datang untuk menjelaskan pengertian Magnesium Klorida (MgCl2) dan apa yang di maksud dengan zat kimia yaitu Magnesium Klorida (MgCl2). Kalsium Oksalat mempunyai pengertian, sifat dan karakteristik yang khas dan mempunyai bau dan warna yang khas. Selain karakternya juga, Magnesium Klorida ini mempunya fungsi atau kegunaan yang banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Zat (MgCl2) ini bisa digunakan dalam berbagai jenis praktikum di laboratorium (Praktikum Kimia) ataupun di pabrik pembuatan bahan kimia tertentu yang memproduksinya.

Magnesium Klorida (MgCl2) adalah senyawa yang mempunyai sifat irritant dengan rumus kimia (MgCl2) berbentuk Kristal padat dan mempunyai warna putih.

Mengapa Magnesium Klorida (MgCl2) dibutuhkan?
Pertanyaan yang sering muncul yaitu terkait definisi mengapa zat kimia di butuhkan dalam tubuh manusia? yakni karena berbagai zat kimia mampu menyediakan kebutuhan atau melengkapi apa yang di butuhkan untuk tubuh manusia dengan fungsi utama (MgCl2) yaitu dengan konsenterasi yang ditentukan, zat ini mampu menyediakan kebutuhan yang ada dalam tubuh manusia dan tentunya dengan kadar atau konsnterasi tertentu yang bisa di pergunakan dalam tubuh, tetapi jika berlebihan maka akan berakibat fatal bagi kesehatan kita.

2.    Bagaimana cara pembuatan Magnesium Klorida (MgCl2)?
Magnesium Klorida mempunyai karakteristik dengan wujud yang padat kristal, berwarna putih. Nah oke temen-temen setelah mengetahui karakteristik singkat ini maka temen-temen diharapkan mudah memahami bagaimana cara membuatnya. Cara pembuatan dapat di lakukan sebagai berikut :
a. Gunakanlah APD yang lengkap dan masih layak untuk digunakan dan harus dalam keadaan bersih.
b. Siapkanlah zat kimia lain yang dapat gunakan tentunya yang paling utama yang harus ada yakni Magnesium Klorida.
c. Alat dan bahan yang akan di gunakan untuk nantinya dapat direaksikan dengan Zat kimia ini.
d. Baca dan pahami sebelumnya dan mengenai sifat-sifat berbahaya atau hazard yang ada dalam zat Magnesium Klorida sebelum di gunakan apakah berbahaya, farmful, irritant, bahan mudah meledak, atau penyebab korosif dan lainnya agar setidaknya jika ada tumpahan atau masalah kita mampu mengatasinya.
5). Gunakanlah gloves atau sarung tangan yang layak dan memenuhi standar operasional prosedur yang menutupi tangan kita dengan baik sehingga dapat menjaga tangan kita dari tumpahan.
6). Usahakan dengan sebaik mungkin hindari kontaminasi pada setiap fase atau proses pembuatan yang dapat terjadi yaitu bisa dari lingkungan sekitar, bahkan bisa juga dari diri kita sendiri sebagai praktikan juga bisa menyebabkan kontamninasi sehingga kita harus berhati-hati dan baiknya menggunakan masker ketika sedang bertugas.
7). Bacalah prosedur kerja atau cara kerja yang akan dilakukan mengenai cara pembuatan Magnesium Klorida (MgCl2) kemudian lakukanlah setiap fase dengan hati-hati dan tetap aseptis.

Apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil pada saat pembuatan Magnesium Klorida (MgCl2)?
Baiklah mungkin ada beberapa faktor yang dapat mengganggu hasil ketika kita membuat suatu larutan Zat kimia yang sulit kita hindari. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ketika kita membuat suatu Zat kimia yaitu (MgCl2)dan membuat suatu larutan lainnya.
Diantaranya adalah:
1). Alat dan Bahan yang kurang baik
Perhatikan alat yang akan di gunakan harus dalam keadaan bersih dan kering, perhatikan pula tanggal kadaluwarsa dari bahan kimia yang akan kita pakai.
2). Proses penimbangan yang kurang baik
Jika ada proses menimbang, maka menimbang dekat dengan getaran dan udara yang kurang bagus dan juga suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin akan mempengaruhi hasil atau kualitas Zat kimia tersebut yang akan kita buat.
3). Waktu pembuatan yang terlalu lama
Ada beberapa Zat kimia yang akan melepuh atau membias ketika terlalu lama di biarkan di udara bebas, maka perhatikan itu.
4). Wadah atau Botol sampel yang kotor
Pekerjaan kita akan sia-sia jika ketika kita proses pembuatan bahan kimia sudah baik, tapi ketika finishing di akhir wadah sampelnya yang kotor dan tidak layak digunakan. Jadi sia-sia saja hasilnya, perlu perhatikan dengan baik hal-hal ini.

3.    MSDS singkat Magnesium Klorida (MgCl2) dan karakteristiknya
Untuk mengetahui apa saja kegunaan dan sifat dari zat Magnesium Klorida maka ada beberapa MSDS yang perlu di perhatikan oleh temen-temen sekalian.
Diantaranya adalah :
a.    Rumus molekul : (MgCl2)
b.    Berat molekul: 95,211 g/mol
c.    Bau dari zat : sedikit asam
d.    Warna dari Magnesium Klorida : putih
e.    Bentuk atau tekstur dari zat Kalsium Nitrat : padatan kristal

4.    Sifat dan kegunaan atau manfaat dari zat Magnesium Klorida (MgCl2)
Sifat-sifat yang ada dalam Magnesium Klorida lumayan beragam. Kegunaannya dapat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut merupakan sifat dan kegunaan dari zat (MgCl2):
a.    Sifat khas dari zat : zat ini bersifat irritant
b.    Kelarutan dalam air :
52,9 g/100 mL (0 derajat celcius)
54,3 g/100 mL (20 derajat celcius)
72,6 g/100 mL (100 derajat celcius)
167 g/100 mL (20 derajat celcius)
c.    Titik didih : 1,412 derajat celcius
d.    Titik leleh : 714 derajat celcius
e.    Kelarutan dalam Zat lain : larut dalam acetone dan air
f.    Manfaat, fungsi, atau kegunaan dari zat Magnesium Klorida (MgCl2) :
1.    Magnesium Klorida (MgCl2) bisa dipergunakan untuk pereaksi di laboratorium
2.    Magnesium Klorida (MgCl2) sebagai Penyeimbang
3.    Digunakan sebagai indikator pemeriksaan zat kimia lainnya
4.    Zat Magnesium Klorida di gunakan sebagai kebutuhan dan berperan sebagai zat pengganti
5.    Bisa di reaksikan dengan zat-zat kimia tertentu untuk keperluan tertentu.

Dimanakah tempat menjual zat kimia Magnesium Klorida (MgCl2)?
Tempat penjualan dari Magnesium Klorida (MgCl2) ini mungkin dapat berbeda-beda dari berbagai daerah ataupun tempat perdagangannya, admin juga belum mengetahui informasi lengkapnya hehe mengenai harga jual yang pastinya. Sekedar informasi saja yah ini mah buat kawan sekalian, Magnesium Klorida biasanya di jual dan di produksi oleh pabrik kimia tertentu dan juga biasanya mereka menjualnya langsung di toko milik mereka sendiri. Tetapi dengan banyaknya situs jual beli online, maka mereka juga biasanya menjual bahan kimianya di situs belanja online tersebut. Nah karena hal ini lebih gampang, praktis dan memudahkan kita, maka langsung saja cari oleh di situs jual beli online seperti bukalapak, lazada, shopee, olx dan lain-lain dan hati-hati penipuan belilah di situs jual beli online yang terpercaya.

Berapakah harga Magnesium Klorida (MgCl2)?
Berapa harga Kalsium Magnesium Klorida? untuk informasi mengenai harga Magnesium Klorida ini, biasanya Zat kimia ini di jual dalam bentuk gram yang sudah dalam botol kemasan jadi ketika kita membeli biasanya di tawarkan dalam bentuk gram/Botol kemasannya.

Nah itu saja dari admin yang dapat di persembahkan untuk pengunjung WawasanKau, mungkin itulah tentang bagaimana cara pembuatan dan karakteristik dari zat Magnesium Klorida (MgCl2) juga berbagai fungsi/kegunaan/manfaat, MSDS, dan harga zatnya.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang temen-temen hadapi. Semoga dapat menambah pengetahuan yah bagi temen-temen dan menambah wawasan lebih tentang zat kimia ini, sehingga dapat menuntaskan salah satu tugas atau permasalahan yang sedang di cari solusinya dan jika bermanfaat boleh share ke temen-temen yang lainnya agar lebih bermanfaat tentunya. See you

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments