Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 : MSDS, karakteristik zat, cara pembuatan, fungsi, manfaat atau kegunaan, dan Harga jual di Pasar

Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2
wawasankau.com
Hg2Cl2
1.    Pengertian atau definisi Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 dan PendahuluanHallo sahabat-sahabat kimia dimanapun kalian jumpa lagi nih dengan admin disini kali ini admin datang untuk memaparkan apa saja pengertian dan apa yang di maksud dengan zat kimia yaitu Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2. Merkuri (II) Klorida mempunyai pengertian, sifat dan karakteristik yang khas dan mempunyai bau dan warna yang khas, selain karakternya juga Merkuri (II) Klorida ini mempunya kegunaan-kegunaan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Zat ini dapat di gunakan dalam berbagai jenis praktikum di laboratorium ataupun di pabrik pembuatan bahan kimia tertentu yang memproduksinya.

Muncul beberapa pertanyaan yang sering terpikirkan yaitu mengenai definisi mengapa zat kimia di butuhkan dalam tubuh manusia? Jawabannya sangat singkat dan padat bro and sist, yakni karena zat kimia mampu mempersembahkan apa yang di butuhkan untuk tubuh manusia. Fungsi utama Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 dengan konsenterasi yang ditentukan zat ini mampu menyediakan apa saja yang ada dalam tubuh manusia dan tentunya dengan kadar tertentu yang bisa di pergunakan dalam tubuh jika berlebihan maka akan berakibat fatal.

2.    Bagaimana cara pembuatan Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2?
(Hg2Cl2) mempunyai bau yang khas (sedikit asam) dan mudah menguap. Setelah mengetahui karakteristik singkat itu maka temen-temen diharapkan mudah memahami bagaimana cara pembuatannya. Cara pembuatan Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :
1). Menggunakan dan melengkapi APD yang layak digunakan dan dalam keadaan bersih.
2). Menyiapkan zat kimia lain yang dapat gunakan tentunya yang paling utama yang harus ada yakni Hg2Cl2.
3). Siapkanlah alat dan bahan yang akan di gunakan untuk nantinya dapat direaksikan dengan Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2.
4). Ketahui sebelumnya dan pahami juga mengenai sifat-sifat berbahaya atau hazard yang ada dalam zat Hg2Cl2 sebelum di gunakan apakah berbahaya, farmful, irritant, bahan mudah meledak, atau penyebab korosif dan lainnya agar jika ada tumpahan atau masalah kita mampu mengatasinya.
5). Menggunakan sarung tangan yang layak dan memenuhi standar operasional yang menutupi tangan dengan baik sehingga dapat menjaga tangan kita.
6). Pada setiap fase atau proses pembuatan hindari kontaminasi yang dapat terjadi yakni bisa dari lingkungan sekitar dan juga dari diri praktikan juga bisa menyebabkan kontamninasi sehingga kita harus menggunakan masker.
7). Bacalah prosedur kerja atau cara kerja yang akan dilakukan mengenai cara pembuatan Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 lakukanlah setiap fase dengan hati-hati.

Bagaimana cara membuat larutan Hg2Cl2?
Baiklah begini cara membuat larutan untuk Hg2Cl2. Berikut Cara membuat larutan Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2.
Cara kerja :
a.    Hg2Cl2 dapat dibuat dengan cara memanaskan campuran HgSO4 dan NaCl sesuai persamaan reaksi HgSO4 + 2 NaCl -> NaSO4 + HgCl2.
b.    Hg2Cl2 dengan mudah dapat dibuat dengan memanaskan campuran HgCl2 dan Hg. Di samping itu Hg2Cl2 dapat juga di buat dengan mereaksikan HCldan garam-garam merkuro (Hg2+).

Apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari pembuatan Zat kimia Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2?
Baiklah mungkin ada beberapa faktor yang dapat mengganggu hasil ketika kita membuat suatu larutan Zat kimia. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ketika kita membuat suatu Zat kimia yaitu Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 dan membuat suatu larutan lainnya.
Diantaranya adalah:
1). Alat dan Bahan yang kurang baik
Alat yang di gunakan harus dalam keadaan bersih dan kering dan perhatikan tanggal kadaluwarsa dari bahan kimia yang akan digunakan.
2). Proses penimbangan yang kurang baik
Menimbang dekat dengan getaran dan udara yang kurang bagus dan juga suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin.
3). Waktu pembuatan yang terlalu lama
Ada beberapa Zat kimia yang akan melepuh atau membias ketika terlalu lama di biarkan di udara bebas, maka perhatikan itu.
4). Wadah atau Botol sampel yang kotor
Pekerjaan kita akan sia-sia jika ketika kita proses pembuatan bahan kimia sudah baik, eh pas di akhir wadah sampelnya yang kotor dan tidak layak digunakan. Maka sia-sia saja, perhatikan dengan baik hal-hal ini.

3.    MSDS singkat Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 dan karakteristiknya
Untuk mengetahui apa saja kegunaan dan sifat dari zat Magnesium Sulfat maka ada beberapa MSDS yang perlu di perhatikan oleh sobat sekalian.
Diantaranya adalah :
a.    Rumus molekul : Hg2Cl2
b.    Berat molekul Hg2Cl2: 271,5 g/mol
c.    Bau dari zat Merkuri (II) Klorida : bau khas (sedikit asam)
d.    Warna dari zat Merkuri (II) Klorida : -
e.    Bentuk atau tekstur dari zat : -

4.    Sifat dan kegunaan atau manfaat dari zat Merkuri (II) Klorida
Sifat-sifat yang ada dalam zat Merkuri (II) Klorida lumayan beragam dan juga kegunaannya dapat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut merupakan sifat dan kegunaan dari zat Merkuri (II) Klorida :
a.    Sifat khas dari zat (Hg2Cl2) : zat ini bersifat mudah terbakar dan iritant
b.    Titik leleh : 280 derajat celcius
c.    Kelarutan dalam air : 74 g/L (20 derajat celcius)
d.    Titik didih : 302 derajat celcius
e.    Densitas : 5,44 g/cm3
f.    Angka pH : 3,2
g.    Tekanan uap : 0,0001 hPa
h.    Manfaat, fungsi, atau kegunaan dari zat Merkuri (II) Klorida :
1.    Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 bisa dipergunakan untuk pereaksi di laboratorium
2.    Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 sebagai Penyeimbang
3.    Digunakan sebagai indikator pemeriksaan zat kimia
4.    Zat Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 di gunakan sebagai kebutuhan dan berperan sebagai zat pengganti
5.    Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 banyak di reaksikan dengan zat-zat kimia tertentu untuk keperluan tertentu.
6.    Digunakan sebagai obat

Berapakah harga Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 dan dimanakah tempat menjual zat kimia Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2?
Untuk harga dan tempat penjualan dari Zat kimia ini mungkin dapat berbeda-beda dari berbagai daerah ataupun tempat begitu juga dengan admin, admin juga belum mengetahui informasi lengkapnya kawan hehe mengenai harga yang pastinya. Sekedar informasi saja yah buat sobat dimanapun, Merkuri (II) Klorida biasanya di jual dan di produksi oleh pabrik kimia tertentu dan juga biasanya mereka menjualnya langsung di toko mereka sendiri. Tetapi dengan banyaknya situs jual beli online maka mereka juga menjual produknya (zat kimia) di situs belanja online nah karena hal ini lebih simple dan mudah maka langsung aja cari oleh sobat-sobat sekalian di situs jual beli online seperti bukalapak, lazada, shopee, dan lain-lain.

Berapakah harga Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2? untuk informasi mengenai Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 ini, biasanya di jual dalam bentuk larutan yang sudah jadi atau temen-temen bisa membuat sendiri dengan cara membeli beberpa zat kimia yang di butuhkan seperti yang sudah admin jelaskan di atas di bagian cara kerja.

Nah itu saja dari admin sedikit bercerita untuk kawan pecinta kimia dimanapun kalian berada, mungkin itulah mengenai cara pembuatan dan karakteristik dari zat Merkuri (II) Klorida Hg2Cl2 dan fungsi/kegunaan/manfaat, MSDS, dan harga zatnya. Semoga artikel ini bisa membantu dan mampu menyelesaikan permasalahan temen-temen. Semoga bisa menambah pengetahuan yah bagi temen-temen dan punya wawasan lebih tentang zat kimia sehingga dapat menuntaskan salah satu tugas atau permasalahan yang sedang kawan-kawan cari solusinya. See you

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments